Manajemen Pemasaran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di dalam dunia usaha salah satu
kegiatan yang harus dilakukan yaitu pemasaran. Ketika berbicara tentang
pemasaran pasti membutuhkan manajemen agar kegiatan pemasaran bisa berjalan
dengan lancar dan tepat sasaran. Manajemen merupakan suatu proses mengelola
atau mengatur suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu melalui sekelompok
orang yang dapat mendatangkan hasil. Manajemen pemasaran termasuk upaya untuk
mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan karena berhubungan langsung dengan
konsumen sebagai pemakai produk. Maka manajemen pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan dari perusahaan yang sangat erat kaitannya dengan situasi
pasar.
Dalam era persaingan yang semakin
ketat pelaku usaha harus pandai dalam memilih strategi pemasaran yang
digunakan. Menawarkan produk-produk yang dibutuhkan konsumen dengan kualitas
yang lebih baik dari produk lain dan berbeda akan menjadi poin penting dalam
meningkatan kepuasan konsumen atas penggunaan produk. Sehingga konsumen mau dan
rela kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi
pelanggan setia bagi perusahaan. Untuk itu sebagai manajer pemasaran harus bisa
mengikuti perkembangan zaman agar produk bisa diterima konsumen sesuai dengan
masanya.
Pemasaran bukan kegiatan yang mudah
dilakukan oleh setiap orang. Butuh perencanaan dalam kegiatan tersebut agar
bisa sesuai dengan harapan. Banyaknya pesaing di dalam dunia usaha dapat
dijadikan salah satu penghambat dalam menawarkan produk kepada konsumen, jika salah
memilih strategi dan tidak dijalankan dengan sesuai perencanaan maka untuk
mendapatkan kepuasaan dari konsumen akan sangat mustahil. Sehingga keinginan
memperoleh keuntungan yang maksimal akan sulit didapatkan. Keberlangsungan
hidup perusahaan pun akan terancam akibat dari salah memilih strategi pemasaran
yang digunakan.
Berdasarkan pemaparan di atas maka
penulis akan membuat makalah yang berjudul “ Manajemen Pemasaran”.
B. Rumusan Masalah
Masalah yang ada dapat dirumuskan
menjadi beberapa rumusan masalah, sebagai berikut :
1.
Apa pengertian manajemen pemasaran ?
2.
Bagaimana tujuan dari manajemen pemasaran ?
3.
Bagaimana fungsi manajemen pemasaran ?
4.
Bagaimana konsep dari pemasaran ?
5.
Bagaimana kegiatan manajemen pemasaran ?
C. Tujuan
1.
Mengetahui pengertian manajemen pemasaran
2.
Mengetahui tujuan dari manajemen pemasaran
3.
Mengetahui fungsi manajemen pemasaran
4.
Mengetahui konsep dari pemasaran
5.
Mengetahui kegiatan manajemen pemasaran
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Manajemen
Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu dari
kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba. Arti pemasaran
sering disamakan dengan pengertian-pengertian: (1) penjualan, (2) perdagangan,
dan (3) distribusi. Padahal istilah-istilah tersebut hanya merupakan satu
bagian dari kegiatan pemasaran secara keseluruhan. Proses pemasaran dimulai
jauh sebelum barang-barang diproduksi dan tidak berakhir dengan penjualan.
Defenisi pemasaran menurut William
J. Stanton, yaitu suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada
pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari defenisi di atas dapat
dijelaskan bahwa arti pemasaran adalah jauh lebih luas daripada arti penjualan.
Pemasaran mencakup usaha perusahaan yang dimulai dengan mengidentifikasi
kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, menentukan produk yang hendak
diproduksi, menentukan harga produk yang sesuai, menentukan cara-cara promosi
dan penyaluran/penjualan produk tersebut. Jadi, kegiatan pemasaran adalah
kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan sebagai suatu sistem.
Kegiatan-kegiatan tersebut
beroperasi di dalam suatu lingkungan yang terus menerus berkembang sebagai
konsekuensi sosial dari perusahaan, tetapi juga dibatasi oleh sumber-sumber
dari perusahaan itu sendiri dan peraturan-peraturan yang ada. Bagi pemasaran,
perubahan lingkungan dapat berupa suatu peluang atau kesempatan mengembangkan
usahanya.
Sehubungan dengan itu tugas manajer
pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat
membantu dalam pencapaian tujuan perusahaan serta dalam menyesuaikan diri
dengan perubahan lingkungan. Kegiatan pemasaran ini haruslah dikoordinasikan
dan dikelola dengan cara yang baik, maka dikenal dengan istilah manajemen
pemasaran. Secara umum, manajemen pemasaran adalah proses merencanakan,
penganalisaan, pelaksanaan, dan pengawasan atau mengendalikan kegiatan
pemasaran dalam suatu perusahaan supaya dapat tercapainya target atau tujuan
perusahaan secara lebih efisien dan efektif.
Beberapa pengertian manajemen
pemasaran menurut para ahli
a. Philip Kotler/Armstrong (2002:14)
Manajemen
pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas
program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk
mencapai sasaran organisasi.
b. P.H. Nystrom
Pemasaran
meliputi segala kegiatan mengenai penyaluran barang atau jasa dari tangan
produsen ke tangan konsumen.
c. American Marketing Association
Pemasaran adalah
pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan
jasa dari produsen ke konsumen.
Dari beberapa
pengertian para ahli dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran merupakan
suatu kegiatan yang menawarkan produk kepada konsumen dengan mempertimbangkan
perencanaan, penganalisaan, pelaksanaan dan pengawasan sehingga dapat
mendatangkan hasil berupa laba sesuai dengan yang diharapkan.
B. Tujuan Manajemen Pemasaran
Dalam manajemen pemasaran tentu
harus memiliki tujuan, karena tujuan merupakan langkah awal untuk melaksanakan
suatu kegiatan. Tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan
sedemikian rupa agar produk yang dijual akan cocok sesuai dengan keinginan
pelanggan, akibatnya produk tersebut dapat terjual dengan sendirinya. Beberapa tujuan utama dari manajemen pemasaran,
sebagai berikut:
1. Jangka pendek
Tujuan jangka pendek bagi
perusahaan adalah untung secepat mungkin. Artinya dapat menutup semua
biaya-biaya produksi yang digunakan dan jika ada kelebihan maka dikatakan laba.
2. Jangka menengah
Tujuan jangka
menengah adalah mengusahakan mencapai titik impas antara total biaya produksi
dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan berusaha lebih
memperbesar cakupan volume penjualan.
3. Jangka panjang
Untuk jangka
panjang perusahaan mempertahankan para pelanggan setia agar tetap loyal dengan
produknya, antara lain dengan produk inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih
serta memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan.
Selain
menetapkan tujuan pemasaran, pemilihan strategi sasaran pemasaran juga
menentukan berhasil atau tidaknya tujuan tersebut. Berbagai ciri khusus
penjual, produk atau pasar akan memberi batas pada pilihan terhadap strategi
sasaran pemasaran :
a. Sumber-sumber perusahaan
b. Keserbasamaan produk(homogenitas produk)
c. Tingkat produksi dalam hidup
d. Keserbasamaan pasaran (homogenitas)
e. Siasat pemasaran
C. Fungsi Manajemen Pemasaran
Fungsi pemasaran adalah
menjembatani interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Peranan lainnya
adalah memfasilitasi proses identifikasi peluang produk, pendefinisian segmen
pasar dan identifikasi kebutuhan pelanggan. Bagian pemasaran juga secara khusus
merancang komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, menetapkan target
harga dan merancang peluncuran serta promosi produk.
Fungsi utama mengapa kegiatan
pemasaran dilakukan :
1. Untuk memberikan informasi tentang produk
yang dijual perusahaan
2. Untuk mempengaruhi keputusan membeli
konsumen
3. Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu
barang.
D. Konsep Pemasaran
Perusahaan yang sudah mulai mengenal
bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan
mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan
falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept). Sebagai
falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap
keinginan dan kebutuhan konsumen atau berorientasi pada konsumen (consumer
oriented).
Adapun beberapa pengertian dari
beberapa tokoh tentang konsep pemasaran. Menurut Swastha (1979:17) “Konsep
pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan
kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup
perusahaan.” Sedangkan definisi lain menyatakan bahwa konsep pemasaran adalah menjadi
lebih efektif dari para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna
menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran
(Kotler,1997:17).
Ada lima konsep pemasaran yang
mendasari cara perusahaan melakukan kegiatan pemasarannya yaitu:
1. Konsep berwawasan Produksi
Konsep ini
berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah
harganya sehingga fokus utamanya adalah meningkatkan efisiensi produksi dan
memperluas cakupan distribusi.
2. Konsep berwawasan Produk
Konsep ini
berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja
terbaik dan hal-hal inovatif lainnya sehingga fokus utamanya adalah membuat
produk yang lebih baik dan berusaha terus menerus untuk menyempurnakannya.
3. Konsep berwawasan Penjualan
Konsep ini
berpendapat bahwa kalau konsumen dibiarkan saja maka konsumen tidak akan
membeli produk perusahaan dalam jumlah cukup. Oleh karena itu, perusahaan harus
melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep berwawasan Pemasaran
Konsep ini
berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan
kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan
secara lebih efektif dan efisien dari para pesaingnya. Konsep ini didasarkan
pada empat sendi utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran
yang terkoordinasi, serta keuntungan.
5. Konsep berwawasan Pemasaran bermasyarakat
Konsep ini
berpendapat bahwa tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan einginan
serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih efektif dan
efisiensi dari pada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
E. Kegiatan Manajemen Pemasaran
Dalam manajemen pemasaran yang maju,
maka kegiatan pemasaran suatu perusahaan didefinisikan sebagai berikut :
Manajemen pemasaran adalah suatu bagian kegiatan dari perusahaan yang sangat
erat berhubungan dengan situasi pasar. Kegiatan itu terdiri dari :
1. Mengetahui kebutuhan dan minat khusus
pasar
2. Menciptakan dan menjamin adanya produk
yang memenuhi kebutuhan pasar
3. Menciptakan dan memelihara pasar dari
produk.
Kegiatan tersebut direncanakan,
diorganisir dan dikendalikan untuk memenuhi kehendak konsumen, pemilik,
penyalur dan semua pihak yang berkepentingan atas kegiatan perusahaan tersebut.
Kegiatan pemasaran tersebut dapat
diperinci sebagai kegiatan-kegiatan :
a. Riset pasar
b. Manajemen produksi
c. Penetapan harga
d. Promosi
e. Penjualan
f. Distribusi
Selain itu terdapat kegiatan utama
pemasaran yang dikelompokkan menjadi 4 bagian besar, dan dikenal sebagai 4P,
yaitu :
1.
Product (produk) : yang menyangkut pemilihan
barang atau jasa yang ditawarkan secara tepat.
2.
Price (harga) : menyangkut penetapan harga jual
barang yang sesuai dengan kualitas barang dan dapat dijangkau oleh konsumen.
3.
Place (tempat) : menyangkut pemilihan cara
pendistribusian barang dan jasa sehingga sampai ke tangan konsumen.
4.
Promotion (promosi) ; menyangkut pemilihan
kebijaksanaan promosi yang tepat, sesuai dengan barang atau jasa yang
ditawarkan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pemasaran merupakan salah satu
kegiatan penting yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengenalkan
maupun menawarkan produknya kepada konsumen. Tujuan dari pemasaran yaitu dalam
jangka pendek untuk mendapatkan laba, jangka menengah mendapatkan titik impas
antara biaya produksi dengan volume penjualan sedangkan untuk jangka panjang mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan melalui loyalitas konsumen dalam penggunaan
produk yang dihasilkan. Agar tujuan dapat tercapai secara penuh ataupun
mendekati dengan yang sudah ditentukan, maka diperlukan pemilihan strategi
pemasaran yang tepat untuk menunjang berhasilnya tujuan tersebut.
B. Saran
Keinginan setiap pelaku usaha adalah
mendapatkan laba dan dapat mempertahankan perusahaannya di tengah persaingan
usaha yang ketat. Kegiatan pemasaran merupakan salah satu solusi untuk
pencapaian keinginan pelaku usaha tersebut. Dengan memilih manajemen pemasaran
profesional dan strategi yang tepat dalam menjalankan kegiatan tersebut, maka
keinginan mendapatkan laba dan mempertahankan kelangsungan perusahaan dapat
terealisasi sesuai harapan. Jadi, tempatkanlah manajemen pemasaran tersebut
sebagai kegiatan penting di dalam perusahaan demi mencapai tujuan usaha.
DAFTAR PUSTAKA
Mursid, M.2010.Manajemen
Pemasaran.Jakarta: Bumi Aksara
Swastha, Basu & T. Hani Handoko. 1987.Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku
Konsumen.Yogyakarta: Liberty
Assauri, Sofjan.2011.Manajemen
pemasaran.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran
http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-manajemen-pemasaran-dan-fungsinya.html
http://layarilmu.blogspot.co.id/2011/07/pengertian-pengembangan-produk.html