Makalah kesektretariatan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi, fungsi dan peranan sekretaris semakin
dibutuhkan oleh para manager. Para manager dalam memanfaatkan waktunya lebih
berkonsentrasi pada tugas managerialnya yang penuh tantangan itu, dan segala pekerjaan
staf didelegasikan kepada sekretarisnya. Kondisi demikian membuat para pimpinan
perusahaan membutuhkan jasa sekretaris yang lebih handal dan professional.
Sebagai kosekuensi logis sekretaris pun akan menghadapi tantangan yang tidak
ringan. Era globalisasi informasii dan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi
menuntut orang-oranag yang menggeluti profesi sekretaris untuk selalu
menyesuaikan diri dan memperlebar wawasan.
B. Rumusan Masalah
Mengapa diera globalisasi sekretaris atau tenaga administratif
sangat diperlukan oleh seorang pimpinan? Dan bagaimana caranya menjadi
sekretaris yang professional.
C. Tujuan Penulisan
1.
Memberi gambaran tentang Sekretaris.
2.
Memberi informasi mengenai sekretaris.
3.
Menambah wawasan dan pengetahuan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Sekretaris
Sekretaris
berasal dari bahasa latin : Secretum yang artinya Rahasia
Sekretaris
berasal dari bahasa inggris : Secret yang artinya Rahasia
Berarti
sekretaris adalah orang yang diberi kepercayaan untuk menyimpan rahasia dalam
melaksanakan pekerjaannya.
Beberapa
Definisi lain mengenai Sekretaris :
1.
Professional Secretaries International (PSI).
Seorang sekretaris adalah asisten
pimpinan yang meiliki keahlian mengurus kantor, menapilkan kemampuan
menerima tanggung jawab tanpa diarahkan atau diawasi, berinisiatif dan penuh
pertimbangan, serta mengambil keputusan sesuai dengan ruang lingkup wewenang
tugasnya.
2.
Betty Hutchinson dan Carol Milano.
Seorang
sekretaris adalah seorang professional yang menampilkan anek macam tanggung
jawab tugas kesekretarisan dengan penuh kompetensi, dapat dipercaya dan
berkepribadian.
3.
M. Braum dan Ramon
Sekretaris
adalah seorang pembantu dari seorang kepala atau pimpinan yang menerima
pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa, atau
mengingatkan pimpinannya mengenai kewajibannya yang resmi atau perjanjiannya
dan melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan
efektivitas dari pimpinannya mengenai kewajiban lainnya yang berhubungan untuk
meningkatkan efektivitas pimpinannya.
4.
Drs. The Liang Gie
Sekretaris
adalah seorang petugas yang pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat-menyurat
termasuk menyiapkan bagi seorang pejabat penting atau organisasi.
5.
Drs. Ig. Wursanto
Sekretaris adalah seorang pegawai yang
bertugas membantu pimpinan kantor dalam menyelesaikan pekerjaan-perkerjaan
pimpinannya.
Manajemen sekretaris merupakan suatu proses kegiatan mengelola dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan pimpinan dalam rangka kelancaran pelaksanaan perkantoran atau organisasi. Jadi, pekerjaan seorang sekretaris, membantu pimpinan agar pimpinan kantor atau perusahaan dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien.
Manajemen sekretaris merupakan suatu proses kegiatan mengelola dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan pimpinan dalam rangka kelancaran pelaksanaan perkantoran atau organisasi. Jadi, pekerjaan seorang sekretaris, membantu pimpinan agar pimpinan kantor atau perusahaan dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien.
B. Syarat – Syarat Sekretaris Yang Baik
1.
Personality
Diantaranya
sabar, tekun, disiplin, tidak cepat menyerah, berpenampilan baik, jujur, loyal,
pandai bicara, sopan dan bias menjaga image perusahaannya.
2.
General Knowledge
Memiliki kemampuan memadai terhadap
segala sesuatu perubahan dan perkembangan yang terjadi, terutama yang berkaitan
dengan aktivitas organisasi.
3.
Special Knowledge
Memiliki pengetahuan yang berkaitan
khusus dengan posisinya sebagai seorang sekretaris.
4.
Skill and Technic
Diantaranya
meliputi kemampuan mengetik, korespondensi, stenografi (sekarang bukan syarat
mutlak) dan filing.
5.
Practice
Kemampuan
melaksanakan tugas sehari – hari seperti menerima telephone, menerima tamu,
menyiapkan rapat, membuat agenda pimpinan, dll.
C. Cara Menghadapi Tantangan Global Bagi Sekretaris
1.
Memiliki sikap dan kepribadian yang sesuai dengan posisinya
sebagai sekretaris.
2.
Memiliki berbagai pengetahuan yang menunjang pekerjaan.
3.
Terampil dalam memakai alat-alat kantor yang berteknologi
tinggi.
4.
Terampil dalam mengolah kantor.
5.
Cakap dalam berhubungan dengan pimpinan dan orang lain.
6.
Menguasai bahasa asing terutama Bahasa Inggris sebagai
bahasa internasional.
D.
Faktor-Faktor Penghambat Seorang
Sekretaris Diera Globalisasi
1.
Kurangnya keterampilan seseorang sekretaris dalam
berkomunikasi secara efektif.
2.
Kurangnya kemampuan seorang sekretaris dalam mencari,
menginterprestasikan dan memanfaatkaninfornasi.
3.
Tingkat berfikir yang kurang dalam mengidentifikasi masalah
dan pencarian solusi.
4.
Kurangnya kemampuan dalam menangani tugas.
5.
Kemampuan dalam mengembangkan Skill Human Relation.
6.
Tanggung jawab dalam bekerja.
7.
Kurangnya wawasan dalam pengetahuan seorang sekretaris.
E.
Tugas-Tugas Sekretaris
1. Tugas
Administrasi
a.
Korespondensi.
b.
Filling.
c.
Merngambil dan menyalin dikte dari pimpinan.
d.
Mengurus surat masuk dan surat keluar.
e.
Travel Arrangements.
f.
Organize appointments.
g.
Handling all confidential matters.
2. Tugas Receptionst
a.
Menerima dan menjawab telepon.
b.
Mecatat pesan-pesan lewat telepon.
c.
Menerima dan melayani tamu dengan baik yang diharapkan maupun
yang tidak diharapkan.
d.
Mencatat janji-janji untuk pimpinan.
3. Tugas Keuangan
a.
Mengurus keuangan pribadi pimpinan bank.
b.
Membayar rekening-rekening, pajak, sumbangan.
c.
Membuat dan mengolah kas kecil (petty cash).
d.
Membuat laporan perjalan bisnis/dinas pimpinan.
4. Lain-Lain
a.
Personal matters.
b.
Monitoring and procuring order
Contohnya : mengecek stock stationary,
kertas fax, office supplies, dan lain sebagainya.
c.
Menterjemahkan.
d.
General affair duties.
Contohnya : menghitung saldo cuti
karyawan, menghitung uang lembur, menghitunguang makan siang.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Peranan seorang sekretaris adalah
sebagai assistant atau tangan kanan pimpinan, pemegang rahasia terbaik dalam
perusahaan, sebagai beranda perusahaan, sebagai penghubung pimpinan dengan
pihak luar, perawat atau pelindung bagi pimpinan, jadi sangat diperlukan
seorang sekretaris yang professional. Kemampuan dan keterampilan teknis harus
mutlak dimiliki oleh seorang sekretaris professional untuk segala bidang ilmu.
Kemampuan berkomunikasi dan interaksi dengan pimpinan, pihak luar dan juga
rekan bisnis merupakan peranan yang sangat penting bagi seorang sekretaris, dia
juga harus mempunyai wawasan yang luas untuk dapat bersaing di dunia bisnis.
Pada era globalisasi ini, para eksekutif memiliki mobilitas yang tinggi, yang
tentu saja menyebabkan peran seorang sekretaris menjadi semakin penting.
B. Saran
Untuk
menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai sekretaris atau tenaga
administrative yang profesional dapat kita cari melalui internet atau membaca
buku-buku yang ada diperpustakaan dan sumber lainnya mengenai
peranan sekretaris.
DAFTAR PUSTAKA
Pedoman
Lengkap Kesekertarisan, untuk Sekretaris dan Calon Sekretaris (Ursula Ernawati)
Menjadi
Sekretaris Profesional (M. G Hartati Hendarto)
Aspek-Aspek
Pokok Pengetahuan Kesekretarisan (Antonius MIntorogo, M.Sc)
Bahan
seminar “Profesionalisme Profesi Sekretaris Diera Globalisasi” (Fanny Rantee)
Perpustakaan
SMK Gatra Praja Pekalongan